Kepulauan Riung

KEPULAUAN RIUNG

Terletak di pantai utara pulau Flores di distrik Ngada terletak sebuah negara kepulauan yang membentuk, taman laut Paradisical unik, disebut 17 Kepulauan Riung Marine Park. Cluster ini terdiri dari pulau yang airnya kaya keanekaragaman hayati, pantai berpasir putih dan air biru jernih di mana readers dapat menyelam dan berenang di antara warna-warni dan beragam tempat tidur karang.

Taman laut ini menyuguhkan sisi yang berbeda dari Pulau Flores, ketika menginjakkan kaki di kawasan taman laut yang memiliki lebih dari tujuh belas buah pulau ini, pengunjung seolah diajak untuk merasakan langsung keheningan dan keindahan dari Taman Laut 17 Pulau Riung. Walaupun beberapa orang mengatakan bahwa taman laut ini sangat serupa dengan Kepulauan Komodo, tapi satu hal yang tidak akan ditemukan di Kepulauan Komodo adalah suasana hening dan tenang yang dimiliki Kecamatan Riung. Daerah ini masih jarang didatangi para wisatawan, hal ini dipengaruhi akses yang tidak semudah Kepulauan Komodo. Terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, taman laut ini merupakan bagian dari kawasan konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Berjarak sekitar 75 km dari Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada. Perjalanan menuju kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sepanjang jalan akan melewatu hamparan savana yang indah dan bukit – bukit eksotis khas Pulau Flores.

Pulau-pulau utama: Pulau Ontoloe (yang terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Pulau Tampa atau Tembang), Pulau Tiga (Long Island), Pulua Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Untuk datang ke Kepulauan Riung ini readers disuguhkan dengan berbagai macam cara untuk menuju kesini, dimulai dari pesawat hingga kapal. Kisaran harga sebesar 1.2 jutaan. Keindahan alam disini worth it banget untuk di masukin ke list liburan kamu selanjutnya. So, Check on your list guys 🙂

Sumber :

https://www.jelajahsumbar.com/cara-menuju-taman-wisata-alam-17-pulau-riung/

https://pesona.indonesia.travel/destinasi/bali-kepulauan-nusatenggara/nusa-tenggara-timur/taman-laut-17-pulau-riung-ngada/

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/melihat-pesona-lain-pulau-flores-di-taman-laut-17-pulau-riung

Leave a comment